News

Katerisasi Jantung Dewasa

layanan Spesialistik Date Posted : Monday, 28-August-2017 14:16:24

Intervensi pembuluh darah perifer dan pembuluh darah besar (Aorta)

Seseorang yang memiliki penyakit jantung koroner juga memiliki resiko untuk terkena penyakit di pembuluh darah lainnya. Contohnya, ketika terdapat sumbatan pada pembuluh darah tangan atau kaki. Bilah alini tidak diatasi dengan cepat dan tepat, bisa terdapat resiko kehilangan fungsi dari organ yang terkait.

Pembukaan sumbatan pembuluh darah perifer dapat diatasi dengan tindakan Percutaneous TransluminalAngioplasty (PTA). Tindakan ini dilakukan di lab kateterisasi yang menggunakan fasilitas C-Arm.  Tindakan ini dilakukan dengan memasukkan tube kecil dalam pembuluh darah, dan membukasumbatan arteri perifer dengan fasilitas wire, balloon, dan stent.

Aneurisma aorta merupakan penyakit pembuluh darah besar utama, dimana terdapat pembesaran pada sebagian dari segmennya. Pada kondisi ini pembuluh darah utama rentan pecah dan mengakibatkan perdarahan hebat yang mengancam nyawa.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memasang selongsong di pembuluh darah utama sehingga daerah yang mengalami pembesaran tidak mudah pecah. Tindakan ini disebut Thoracic Endovascular Aortic Repair (TEVAR) dan Endovascular Aneurysm Repair (EVAR).

RS Jantung Jakarta merupakan sedikit dari rumahsakit di Indonesia yang memiliki fasilitas lab kateterisasi yang didesain khusus untuk menangani masalah sumbatan pembuluh darah perifer dan aorta. Rumah sakit ini juga memiliki dokter ahli intervensi khusus di bidang pembuluh darah perifer dan aorta.

 

 

Intervensi Jantung Koroner

Sumbatan arteri koroner merupakan penyakit jantung yang paling sering ditemukan, sekaligus salah satu penyebab utama kematian di dunia. Jika arteri koroner tersumbat, sebagian otot jantung akan mengalami kekurangan suplai darah / oksigen, dan dapat terjadi kerusakan otot bila sumbatan tidak diatasi.

Salah satu cara untuk mengatasi sumbatan adalah dengan melakukan tindakan Percutaneous Coronary Intervention (PCI). Tindakan ini dilakukan di lab kateterisasi jantung yang dilengkapi C-Arm. Proses pembukaan sumbatan jantung dilakukan dengan menggunakan kateter jantung, wire, balloon, dan stent.

RS Jantung Jakarta memiliki dua lab kateterisasi jantung yang modern dengan tim dokter dan perawat intervensi jantung yang sangat kompeten. Selain ketersediaan alat yang lengkap, salah satu kelebihan tim intervensi jantung RS Jantung Jakarta adalah adanya integrasi yang baik dengan tim bedah jantung, sehingga selalu siap jika terdapat kondisi emergensi.