News

Kateterisasi Jantung Anak

layanan Spesialistik Date Posted : Monday, 28-August-2017 09:47:26

Penyakit jantung bawaan merupakan kelainan kongenital yang paling sering ditemukan pada bayi dan anak, dan merupakan sepertiga dari seluruh kelainan kongenital. Tujuan penatalaksanaan penyakit jantung bawaan meliputi tiga hal yaitu konservati menggunakan obat-obatan, kemudian paliatif dan definitif.

Sebagian penyakit jantung bawaan saat ini sudah dapat ditatalaksana tanpa operasi.Jenis penyakit jantung bawaan yang dapat ditatalaksana secara definitive tanpa operasi antara lain :

  1. Penutupan lubang atau defek seperti : duktusarteriosuspersisten (paten ductusarteriosus,PDA), defek septum atrium (atrial septaldefek,ASD), defek septum ventrikel (ventricular septaldefek,VSD).
  2. Melebarkan katup atau pembulu darah yang menyempit : stenosis katupplumonal (pulmonary stenosis,PS), stenosis katup aorta (aortic stenosis, AS).
  3. Perforasikatup yang atretik dan dilatasi dengan balon : atresia pulmonaldengan septum ventrikelintak (pulmonary atresia with intact ventricular septum, PA-IVS).
  4. Penutupan pembuluh darah yang tidak diinginkan atau kolateral dan fistula.
  5. Pemasangan katup transkateter : pemasangan katup pulmonal, pemasangan katup aorta. Kerdiologiintervensi yang bersipat aliati antara lain adalah septostomi atrium dengan balon (balloon atrial septostomy, BAS) dan pemasangan sstent pada duktusarteriosus (PDA stenting).

RS Jantung Jakarta memiliki dua lab katerisasi jantung yang modern dengan tim dokter dan perawat intervensi jantung yang sangat kompeten. Selain katersediaan alat yang lengkap, salah satu kelebihan tim intervensi jantung, RS Jantung Jakarta memiliki integrasi yang baik denggan tim bedah jantung, sehinga selalu siap jika terdapat kondisi emergensi.