"Cara Cek Sertifikat Vaksin COVID-19 Melalui PeduliLindungi"

Penulis : 

Ndaru Alam

Di Upload Pada: 21-07-2021

Untuk menciptakan kekebalan kolektif atau herd immunity, Pemerintah Indonesia sedang mengadakan program berskala nasional vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat  dimulai dari awal tahun 2021 dan akan berlangsung hingga tahun depan. Vaksinasi ini dibagi dalam dua gelombang, yakni gelombang I pada Januari hingga April 2021, diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, warga lanjut usia, dan petugas yang bekerja di sektor pelayanan publik.

Gelombang kedua berlangsung pada April 2021 hingga Maret 2022, untuk masyarakat rentan yang berada di daerah berisiko penularan tinggi. Program ini menyasar sekitar 181 juta orang, atau 70 persen dari total penduduk Indonesia. Selain vaksinasi gratis, Indonesia juga akan mengadakan vaksinasi mandiri atau vaksinasi gotong royong setelah program pemerintah. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah COVID-19. 

Vaksin COVID-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat COVID-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin. Setiap orang yang sudah divaksin COVID-19 akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bahwa dia sudah disuntikkan vaksin pada tanggal tertentu. 

Berikut ini cara mengecek sertifikat vaksin COVID-19 di aplikasi PeduliLindungi.

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi di iOS maupun Android

2. Buat akun dengan mengisi identitas dan nomor ponsel

3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS 

4. Setelah berhasil, pengguna akan diarahkan ke beranda. Klik ikon 'Profil' di sebelah kanan kolom "Cari Zonasi". 

5. Klik 'Sertifikat Vaksin' lalu klik 'Periksa' 

6. Isi NIK KTP dan nomor ponsel

7. Aplikasi akan menampilkan sertifikat untuk vaksinasi pertama maupun kedua. 

8. Klik pada salah satu tahap penyuntikan yang telah diikuti untuk menyimpan 

9. Aplikasi akan meminta persetujuan untuk menyimpan gambar, klik 'Ya' 

10. Sertifikat vaksin digital akan diunduh dan tersimpan di smartphone

Sertifikat diberikan dua kali, ketika vaksinasi pertama dan kedua. Sertifikat ini akan diberikan dalam bentuk fisik, di tempat vaksinasi, maupun digital melalui aplikasi PeduliLindungi. Warga yang sudah divaksin juga akan mendapat SMS dari 119 berisi tautan untuk sertifikat vaksin COVID-19 versi digital.