Kurang Olahraga Ternyata Lebih Berbahaya!

Kurang Olahraga Ternyata Lebih Berbahaya Dibandingkan Penyakit Jantung Koroner, Merokok, Atau Diabetes!

Di Upload Pada: 17-04-2021

Studi kohort retrospektif di Amerika Serikat, yang melibatkan 122.007 pasien, melihat all cause mortality (kematian akibat semua sebab) yang berhubungan dengan MANFAAT OLAHRAGA DAN KEBUGARAN.

Hasil yang didapatkan sangat mengejutkan. Orang yang kurang bugar (diketahui dari tes treadmill yang dilakukan) memiliki RISIKO DUA KALI untuk mengalami kematian dibandingkan pasien gagal ginjal yang mendapatkan dialisis (cuci ginjal).

Gaya hidup sedentary (kurang bergerak) memiliki risiko kematian 500% lebih tinggi dibandingkan orang yang kebugaraannya sangat baik.

Orang yang kurang bugar bahkan memiliki risiko kematian yang sebanding dan bahkan lebih tinggi dibandingkan orang yang mengidap penyakit jantung koroner, atau merokok, atau diabetes melitus !

Bila anda memiliki gaya hidup sedentary (kurang beraktivitas/olah raga) maka mintalah kepada dokter agar dibuatkan RESEP OLAHRAGA yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Terutama untuk pasien dengan penyakit Jantung. Karena pasien dengan Penyakit Jantung tidak bisa sembarangan melakukan aktivitas yang berat.

Karena semakin anda mengetahui kondisi tubuh anda dengan penyakit penyerta serta dokter spesialis jantung yang andal, maka semakin kecil pula resiko kematian yang akan anda alami.

 

Source :
Inaheart.org
Association of Cardiorespiratory Fitness With Long-term Mortality Among Adults Undergoing Exercise Treadmill Testing
Kyle Mandsager, MD; Serge Harb, MD; Paul Cremer, MD; Dermot Phelan, MD, PhD; Steven E. Nissen, MD; Wael Jaber, MD
JAMA Netw Open. 2018;1(6):e183605. doi:10.1001/jamanetworkopen.2018.3605